Apa itu OSPF??
OSPF (Open Shortest Path First) merupakan sebuah routing
protokol berjenis IGP yang hanya dapat bekerja dalam jaringan internal
suatu organisasi atau perusahaan. Jaringan internal maksudnya adalah
jaringan dimana user masih memiliki hak untuk menggunakan, mengatur, dan
memodifikasinya. Atau dengan kata lain, user masih memiliki hak
administrasi terhadap jaringan tersebut. Jika user sudah tidak memiliki
hak untuk menggunakan dan mengaturnya, maka jaringan tersebut dapat
dikategorikan sebagai jaringan eksternal. Selain itu, OSPF juga
merupakan routing protokol yang berstandar terbuka. Maksudnya adalah
routing protokol ini bukan ciptaan dari vendor manapun. Dengan demikian,
siapapun dapat menggunakannya, perangkat manapun dapat kompatibel
dengannya, dan dimanapun routing protokol ini dapat diimplementasikan.
Pengguna OSPF biasanya adalah para
administrator jaringan berskala sedang sampai besar. Jaringan dengan
jumlah router lebih dari sepuluh buah, dengan banyak lokasi-lokasi
remote yang perlu juga dijangkau dari pusat, dengan jumlah pengguna
jaringan lebih dari lima ratus perangkat komputer, mungkin sudah layak
menggunakan routing protocol ini. Link-state routing protocol ini juga
memiliki ciri-ciri memberikan informasi ke semua router, sehingga setiap
router bisa melihat topologinya masing-masing. lalu convergencenya
antar router sangatlah cepat dikarenakan informasi yang berubah atau
bertambah bahkan berkurang saja yang dikirim ke router-router lainnya.
Sehingga tidak mudah terjadi Routing loops, jika menggunakan routing
protocol OSPF maka dibutuhkan power memory dan proses yang lebih
besar, dan OSPF itu susah untuk di konfigurasi. OSPF berdasarkan Open
Standard, maksudnya adalah OSPF ini dapat dikembangkan dan
diperbaiki oleh vendor-vendor lainnya.
Dalam membentuk hubungan dengan
tetangganya, router OSPF akan mengirimkan sebuah paket berukuran kecil
secara periodik ke dalam jaringan atau ke sebuah perangkat yang
terhubung langsung dengannya. Paket kecil tersebut dinamai dengan
istilah Hello packet. Pada kondisi standar, Hello packet dikirimkan
berkala setiap 10 detik sekali (dalam media broadcast multiaccess) dan 30 detik sekali
dalam
media Point-to-Point. Hello packet berisikan informasi seputar
pernak-pernik yang ada pada router pengirim. Hello packet pada umumnya
dikirim dengan menggunakan multicast address untuk menuju ke semua
router yang menjalankan OSPF (IP multicast 224.0.0.5). Semua router yang
menjalankan OSPF pasti akan mendengarkan protokol Hello ini dan juga
akan mengirimkan Hello Packet-nya secara berkala. Cara kerja dari Hello
protocol dan pembentukan neighbour router terdiri dari beberapa jenis,
tergantung dari jenis media di mana router OSPF berjalan.
Apa itu IP Loopback?
IP Loopback. IP Loopback merupakan IP Virtual yang hanya di berikan pada
perangkat lunak dan tidak berhubungan dengan perangkat keras. IP
Loopback berguna untuk berkomunikasi antara perangkat lunak dengan
server yang sama, IP Loopback berguna sebagai penguji transmisi saat
kita berhubungan dengan perangkat lunak lainnya. IP Loopback digunakan
untuk menguji layanan tanpa memaparkan resiko keamanan dari akses remote
jaringan. Loopback digunakan sebagai Router-Id(RID) Kaitan antara Ospf
dan Loopback adalah saat routing OSPF melakukan penggantian kabel atau
kabel pada neighbour pada kondisi down. Routing OSPF selalu
menggunakan RID. Pada Saat router tidak di berikan RID maka ID akan
melakukan pemilihan id yang tertinggi dari id yang ada pada jaringan
tersebut. jika router tetangga pada kondisi down, maka ia akan
kehilangan ID dan tidak terjadi kembali proses pencarian ID sehingga
router ID tidak ada dan tidak akan tejadi koneksi. Namun dengan
pemasangan IP Loopback maka router id akan di dapat dari loopback
tersebut sehingga routing OSPF tetap mendapatkan Router-Id walaupun
interface tetangga sedang down. OSPF dibuat dan dirancang untuk melayani
jaringan lokal berskala besar. Artinya OSPF harus memiliki nilai
skalabilitas yang tinggi, dan tidak mudah habis karena jaringan yang
semakin diperbesar. Namun kenyataannya pada penerapan OSPF biasa,
beberapa kejadian juga dapat membuat router OSPF kewalahan dalam
menangani jaringan yang semakin membesar.
Media yang dapat meneruskan informasi OSPF yaitu:
1. Broadcast Multiaccess.
Media jenis ini adalah media yang banyak terdapat dalam jaringan lokal atau LAN seperti misalnya ethernet,
FDDI, dan token ring. Dalam kondisi media seperti ini, OSPF akan mengirimkan traffic multicast dalam
pencarian router-router neighbour-nya. Namun ada yang unik dalam
proses pada media ini, yaitu akan terpilih dua buah router yang
berfungsi sebagai Designated Router (DR) dan Backup Designated Router
(BDR). Apa itu DR dan BDR akan dibahas berikutnya.
2. Point-to-Point.
Teknologi Point-to-Point digunakan pada kondisi di mana hanya ada satu
router lain yang terkoneksi langsung dengan sebuah perangkat router.
Contoh dari teknologi ini misalnya link serial. Dalam kondisi
Point-to-Point ini, router OSPF tidak perlu membuat Designated Router
dan Back-up-nya karena hanya ada satu router yang perlu dijadikan
sebagai neighbour. Dalam proses pencarian neighbour ini, router OSPF
juga akan melakukan pengiriman Hello packet dan pesanpesan lainnya
menggunakan alamat multicast bernama AllSPFRouters 224.0.0.5.
3. Point-to-Multipoint.
Media jenis ini adalah media yang memiliki satu interface yang menghubungkannya dengan banyak
tujuan. Jaringan-jaringan yang ada di bawahnya dianggap sebagai serangkaian jaringan Point-to-Point
yang saling terkoneksi langsung ke perangkat utamanya.
4. Nonbroadcast Multiaccess (NBMA)
Media berjenis Nonbroadcast multiaccess ini secara fisik merupakan
sebuah serial line biasa yang sering ditemui pada media jenis Point-to-
Point. Namun secara faktanya, media ini dapat menyediakan koneksi ke
banyak tujuan, tidak hanya ke satu titik saja.
Proses OSPF
Proses yang dilakukan routing protokol OSPF mulai dari awal hingga dapat
saling bertukar informasi ada lima langkah. Berikut ini adalah
langkah-langkahnya:
a. Membentuk Adjacency Router
Adjacency router adalah router yang bersebelahan atau yang terdekat. Jadi proses pertama dari router
OSPF ini adalah menghubungkan diri dan saling berkomunikasi dengan para router terdekat atau neighbour router. Untuk dapat membuka komunikasi, Hello protocol akan bekerja dengan mengirimkan Hello packet.
Misalkan
ada dua buah router, Router A dan B yang saling berkomunikasi OSPF.
Ketika OSPF kali pertama bekerja, maka kedua router tersebut akan saling
mengirimkan Hello packet dengan alamat multicast
sebagai tujuannya.
Di dalam Hello packet terdapat sebuah field yang berisi Neighbour ID.
Misalkan router B menerima Hello packet lebih dahulu dari router A. Maka
Router B akan mengirimkan kembali Hello
packet-nya dengan disertai
ID dari Router A. Ketika router A menerima hello packet yang berisikan
ID dari dirinya sendiri, maka Router A akan menganggap Router B adalah
adjacent router dan mengirimkan kembali hello packet yang telah berisi
ID Router B ke Router B. Dengan demikian Router B juga akan segera
menganggap
Router A sebagai adjacent routernya. Sampai di sini adjacency router
telah terbentuk dan siap melakukan pertukaran informasi routing. Contoh
pembentukan adjacency di atas hanya terjadi pada proses OSPF yang
berlangsung pada media Point-to-Point. Namun, prosesnya akan lain lagi
jika OSPF berlangsung pada media broadcast multiaccess seperti
pada jaringan ethernet. Karena media broadcast akan meneruskan
paket-paket hello ke seluruh router yang ada dalam jaringan, maka
adjacency router-nya
tidak hanya satu. Proses pembentukan adjacency
akan terus berulang sampai semua router yang ada di dalam jaringan
tersebut menjadi adjacent router. Pada jaringan broadcast multiaccess
akan terjadi lagi sebuah proses pemilihan router yang menjabat sebagai
“juru bicara” bagi router-router lainnya. Router juru bicara ini sering
disebut dengan istilah Designated Router. Selain router juru bicara,
disediakan juga back-up untuk router juru bicara ini. Router ini disebut
dengan istilah Backup Designated Router. Langkah berikutnya adalah
proses pemilihan DR dan BDR, jika memang diperlukan.
b. Memilih DR dan BDR (jika
diperlukan)
Dalam jaringan broadcast multiaccess,
DR dan BDR sangatlah diperlukan. DR dan BDR akan menjadi pusat
komunikasi seputar informasi OSPF dalam jaringan tersebut. Semua paket
pesan yang ada dalam
proses OSPF akan disebarkan oleh DR dan BDR.
Maka itu, pemilihan DR dan BDR menjadi proses yang sangat kritikal.
Sesuai dengan namanya, BDR merupakan “shadow” dari DR. Artinya BDR tidak akan
digunakan
sampai masalah terjadi pada router DR. Ketika router DR bermasalah,
maka posisi juru bicara akan langsung diambil oleh router BDR. Sehingga
perpindahan posisi juru bicara akan berlangsung dengan smooth. Proses pemilihan DR/BDR tidak lepas dari peran penting Hello packet. Di dalam Hello packet ada sebuah field berisikan ID dan nilai Priority dari sebuah router. Semua router yang ada dalam jaringan broadcast multi-access
akan menerima semua Hello dari semua router yang ada dalam jaringan
tersebut pada saat kali pertama OSPF berjalan. Router dengan nilai Priority tertinggi akan menang dalam pemilihan dan langsung menjadi DR. Router dengan nilai Priority
di urutan kedua akan dipilih menjadi BDR. Status DR dan BDR ini tidak
akan berubah sampai salah satunya tidak dapat berfungsi baik, meskipun
ada router lain yang baru bergabung dalam jaringan dengan nilai Priority-nya lebih tinggi. Secara default, semua router OSPF akan memiliki nilai Priority
1. Range Priority ini adalah mulai dari 0 hingga 255. Nilai 0 akan
menjamin router tersebut tidak akan menjadi DR atau BDR, sedangkan nilai
255 menjamin sebuah router pasti akan menjadi DR. Router ID biasanya
akan menjadi sebuah “tie breaker” jika nilai Priority-nya sama. Jika dua buah router memiliki nilai Priority
yang sama, maka yang menjadi DR dan BDR adalah router dengan nilai
router ID tertinggi dalam jaringan. Setelah DR dan BDR terpilih, langkah
selanjutnya adalah mengumpulkan seluruh informasi jalur dalam jaringan.
c. Mengumpulkan State-state dalam Jaringan
Setelah terbentuk hubungan antar router-router OSPF, kini saatnya untuk bertukar informasi mengenai state-state dan jalur-jalur yang ada dalam jaringan. Pada jaringan yang menggunakan media broadcast multiaccess,
DR-lah yang akan melayani setiap router yang ingin bertukar informasi
OSPF dengannya. DR akan memulai lebih dulu proses pengiriman ini. Ada
sebuah fase yang menangani siapa yang lebih dulu melakukan pengiriman.
Fase ini akan memilih siapa yang akan menjadi master dan siapa yang menjadi slave dalam proses pengiriman. Router yang menjadi master akan melakukan pengiriman lebih dahulu, sedangkan router slave akan mendengarkan lebih dulu. Fase ini disebut dengan istilah Exstart State. Router master dan slave
dipilih berdasarkan router ID tertinggi dari salah satu router. Ketika
sebuah router mengirimkan Hello packet, router ID masing-masing juga
dikirimkan ke router neighbour. Setelah membandingkan dengan miliknya dan ternyata lebih rendah, maka router tersebut akan segera terpilih menjadi master dan melakukan pengiriman lebih dulu ke router slave.
Setelah fase Exstart lewat, maka router akan memasuki fase Exchange.
Pada fase ini kedua buah router akan saling mengirimkan Database
Description Packet. Isi paket ini adalah ringkasan status untuk seluruh
media yang ada dalam jaringan. Jika router penerimanya
belum memiliki informasi yang ada dalam paket Database Description, maka router pengirim akan masuk dalam fase loading state. Fase loading state merupakan fase dimana sebuah router mulai mengirimkan
informasi state secara lengkap ke router tetangganya. Setelah loading state selesai, maka router-router yang tergabung dalam OSPF akan memiliki informasi state
yang lengkap dan penuh dalam database statenya. Fase ini disebut dengan
istilah Full state. Sampai fase ini proses awal OSPF sudah selesai,
namun
database state tidak bisa digunakan untuk proses forwarding data.
Maka dari itu, router akan memasuki langkah selanjutnya, yaitu memilih
rute-rute terbaik menuju ke suatu lokasi yang ada dalam database state
tersebut.
d. Memilih Rute Terbaik untuk Digunakan
Setelah informasi
seluruh jaringan berada dalam database, maka kini saatnya untuk memilih
rute terbaik untuk dimasukkan ke dalam routing table. Untuk memilih
rute-rute terbaik, parameter yang digunakan oleh OSPF adalah Cost.
Metrik Cost biasanya akan menggambarkan seberapa dekat dan cepatnya
sebuah rute.
Nilai Cost didapat dari perhitungan dengan rumus:
Cost of the link = 108 /Bandwidth.
Router OSPF akan menghitung semua cost yang ada dan akan
menjalankan algoritma Shortest Path First untuk memilih rute terbaiknya.
Setelah selesai, maka rute tersebut langsung dimasukkan dalam routing
table dan siap digunakan untuk forwarding data.
e. Menjaga Informasi Routing Tetap
Upto-date
Ketika sebuah rute sudah masuk ke dalam routing table, router tersebut harus juga me-maintenace state
database-nya. Hal ini bertujuan kalau ada sebuah rute yang sudah tidak
valid, maka router harus tahu dan tidak boleh lagi menggunakannya.
Ketika ada perubahan link-state dalam jaringan, OSPF router akan
melakukan
flooding terhadap perubahan ini. Tujuannya adalah agar seluruh router
dalam jaringan mengetahui perubahan tersebut. Melihat proses terjadinya
pertukaran informasi di atas, dapat diprediksi bahwa OSPF merupakan
sebuah routing protokol yang kompleks dan rumit. Namun di balik
kerumitannya tersebut ada
sebuah kehebatan yang luar biasa. Seluruh
informasi state yang ditampung dapat membuat rute terbaik pasti terpilih
dengan benar. Selain itu dengan konsep hirarki, dapat membatasi ukuran
link-state databasenya,
sehingga tidak terlalu besar. Artinya proses CPU juga menjadi lebih ringan.
Tabel dalam OSPF
Pada OSPF memiliki 3 table di dalam router :
1. Routing table
Routing table biasa juga dipanggil sebagai Forwarding database. Database ini berisi the lowest cost utk
mencapai router-router / network-network lainnya. Setiap router mempunyai Routing
table yang berbeda-beda.
2. Adjecency database
Database ini berisi semua router tetangganya. Setiap router mempunyai Adjecency database yang
berbeda-beda.
3. Topological database
Database ini berisi seluruh informasi tentang router yang berada dalam satu networknya/areanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar